Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MUDAH MENGGANTI TEMPLATE BLOG DI BLOGGER

Cara mengganti template blog ~ Pengertian template blog secara sederhana begini bunyinya “Template blog yakni tema blog atau tampilan blog” simpel bukan? Kalau dijabarkan lagi "Template blog yaitu suatu script blog yang berisi tulisan atau perintah-perintah dengan aturan tertentu yang berguna untuk memodifikasi atau pun mengubah tampilan blog tersebut secara keseluruhan".

Template blog kerap kali digunakan untuk memanjakan pengunjung blog agar merasa nyaman sekaligus betah berlama-lama di blog Anda, karena apa ? Pengunjung akan merasa nyaman bila ia dimudahkan dalam mencari informasi di blog Anda, baik berupa navigasi blog yang tertata sampai tampilan blog Anda yang unik dan menarik.

Di mana Anda bisa mencari template blog ?

Template blog sendiri sebenarnya tidak perlu dicari lagi karena blogger sendiri sudah menyediakan secara gratis, akan tetapi template bawaan blogger tersebut biasanya dirasa kurang memuaskan dan kurang seo friendly di mata search engine.

Mengenai beberapa alasan tersebut banyak blogger yang sengaja mengubah tampilan template blognya baik hasil karyanya sendiri mau pun hasil download di internet. Jika Anda sekarang sedang mencari template blog disarankan memilih template yang sudah mobile friendly supaya kalau diakses lewat perangkat seluler blog Anda tetap tertata rapi selain itu, sekarang banyak mesin pencari yang mengharuskan blog dengan tampilan yang mobile friendly.

Cara Mudah Mengganti Template Blog di Blogger


Saatnya Anda persiapkan template blog yang sudah Anda download tadi guna dipasang ke blogger, biasanya template blog sendiri biasanya berextensi .xml atau berupa text jika Anda kebetulan pas mendapatkannya. Maka dari itu berikut saya sajikan langkah-langkah mudah dalam memasang template blog di blogger.

#1. Tahap pertama masuk ke akun blog Anda www.blogger.com pilih blog mana yang akan diubah templatenya jika blog Anda lebih dari satu tentunya.

#2. Langkah kedua jika sudah masuk ke akun blog Anda, pilih menu Template (Poin 1). Langkah selanjutnya klik Backup/Restore (Poin 2). Seperti gambar di bawah ini.



#3. Langkah selanjutnya tunggu hingga muncul pop up seperti gambar di bawah, kemudian pilih Browser (Poin 3) untuk mencari tempat penyimpanan file template blog tersebut disimpan. Setelah ketemu pilih Upload (poin 4) yang artinya Anda akan mengunggah template untuk dipasang di blog Anda.


Jika sudah terselesaikan ketiga langkah tersebut, berarti Anda telah sukses mengganti template bawaan blogger dengan template yang Anda suka. Anda bisa mengeceknya untuk melihat hasilnya yaitu lewat alamat url blog Anda atau klik pada View Blog. Selamat mencoba semoga berhasil.